Senin, 16 November 2020

Tugas 5 Pemrograman Berbasis Objek (PBO) A

 The World of Zuul

          Pada postingan kali ini, akan membahas tentang Game The World of Zuul . Game ini termasuk salah satu versi sederhana dari game bertipe adventure dan game ini juga merupakan bentuk implementasi dari Designing Classes. Dalam membuat project ini terdapat 5 Class yang akan digunakan, adapun penjelasan dan abstraksinya adalah sebagai berikut:

1. Class Parser

    Class ini akan membaca baris input dari terminal dan mencoba menafsirkannya sebagai Command. Ini membuat objek dari Class Command yang mewakili perintah itu masuk. Berikut adalah source code dari Class Parser:


2. Class Command

    Sebuah objek perintah mewakili perintah yang dimasukkan oleh pengguna. Class ini memiliki metode yang memudahkan kita untuk memeriksa apakah ini adalah perintah yang valid dan untuk mendapatkan kata pertama dan kedua dari perintah tersebut sebagai string terpisah. Adapun source codenya adalah sebagai berikut:


3. Class CommandWords

    Class ini akan mendefinisikan semua Command yang valid dalam permainan(go,help,quit). Ini dilakukan dengan menyimpan array objek String yang mewakili kata-kata perintah. Berikut adalah source code dari class CommandWords:


4. Class Game

    Class game adalah class utama dari game ini. Class ini mengatur permainan dan kemudian memasuki loop untuk membaca dan menjalankan perintah. Pada class ini juga berisi kode yang mengimplementasikan setiap perintah pengguna. Source code dari class ini adalah sebagai berikut:


5. Class Room

    Objek ruangan merepresentasikan lokasi dalam game. Kamar dapat memiliki pintu keluar yang mengarah ke kamar lain. Adapun source code nya adalah sebagai berikut:


Adapun output saat game World of  Zuul dijalankan adalah sebagai berikut:


        Sekian penjelasan singkat dan source code dari program Game The World of Zuul, semoga membantu dan terima kasih.

Nama    : Fika Nur Aini

NRP      : 05111940000067

Kelas     : PBO A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EAS RK A

 1. Deskripsi kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi pemesanan gedung acara Kebutuhan Fungsional ...