Senin, 19 Oktober 2020

Abstraksi & Modularisasi Smart TV

Tugas 2 Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) A


1. Abstraksi

        Seperti yang kita ketahui, langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat program perangkat lunak adalah membuat abstraksi. Abstraksi dapat diartikan sebagai konsep pemindahan fokus dari perincian dan implementasi konkret hal, ke jenis hal (yaitu kelas), operasi yang tersedia (yaitu metode), dan lain-lain, sehingga program yang akan dibuat lebih sederhana, lebih umum, dan lebih abstrak. Abstraksi dilakukan dengan membagi problem menjadi sub-sub problem dalam rangka membangun class-class yang digunakan untuk konstruksi program.

        Begitupun dalam menyusun abstraksi Smart TV, kita perlu membagi problem-problemnya lebih dulu menjadi beberapa sub. Tentunya, disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Karena seperti yang kita tahu, semakin hari perkembangan zaman semakin maju, begitupun dengan teknologi. Berikut adalah tampilan layar Smart TV yang sudah saya rancang.

2. Modularisasi & Diagram Kelas

         Setelah melihat gambar diatas, dapat kita ketahui bahwa terdapat beberapa aplikasi beserta list filmnya yang tertera dihalaman pertama atau tampilan home, seperti HBO GO dan Google Play Movies. Selain itu, juga terdapat ikon apps yang akan menampilkan list aplikasi yang lebih rinci, seperti netflix, youtube, dan google play. Di bagian atas juga terdapat search bar untuk melakukan pencarian berikut dengan tombol keyboard dan microphone untuk merekam suara. Kemudian di bagian sebelah kanan juga terdapat menu TV Show untuk menampilkan channel-channel TV diikuti dengan ikon profil atau account, notifications, wifi, dan pengaturan atau setting. Berikut adalah diagram kelas yang menunjukkan cara kerja program untuk tampilan layar diatas.

            Pada diagram diatas Home terbagi menjadi dua kelas, yaitu Apps dan Home_UI. Adapun source code untuk Public Class Home adalah sebagai berikut.

        Pada source code diatas dapat kita ketahui bahwa kita mendeclair seluruh integer private dari bagian Class Home. Adapun source code dari salah satu classnya adalah sebagai berikut.

            Berikut adalah source code dari Class Home_UI.

            Kurang lebih seperti itulah tampilan abstraksi dan modularisasi dari Smart TV yang saya rancang. Jika ada salah mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.

Nama    : Fika Nur Aini
NRP      : 05111940000067
Kelas    : PBO A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EAS RK A

 1. Deskripsi kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi pemesanan gedung acara Kebutuhan Fungsional ...