Selasa, 22 Maret 2022

Tugas Rekayasa Kebutuhan - Requirement Analisis

 Requirement Analisis Bisnis Airbnb

        Airbnb dapat didefinisikan sebagai layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Berbeda dengan layanan penginapan online lainnya, Airbnb menyewakan rumah, apartemen, atau villa. Rumah dan apartemen yang mereka sewakan merupakan rumah warga lokal. Dalam hal ini Airbnb memang bekerja sama dengan warga setempat untuk menyewakan rumah mereka. Warga yang ingin menyewakan rumah atau apartemen harus mendaftar sebagai anggota Airbnb terlebih dahulu. Setelah resmi mendaftar, mereka berhak menentukan harga sewa rumah sesuai yang mereka inginkan. Adapaun requirement analisis bisnis Airbnb adalah sebagai berikut:

  • Bisnis Requirement
        Dari penjelasan Airbnb diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis requirement Airbnb yaitu platform online berbasis komunitas untuk mendaftar dan menyewa rumah lokal. Ini menghubungkan tuan rumah dan pelancong dan memfasilitasi proses penyewaan tanpa memiliki kamar sendiri. Adapun untuk skemanya dapat digambarkan sebagai berikut:


  • User Requirement
Sebelum menjelaskan user requirement, berikut adalah aktor-aktor yang terlibat pada sistem serta deskripsinya:
  1. Guest, yaitu semua orang yang tidak terdaftar ke dalam sistem dan ingin mengakses sistem.
  2. Member, yaitu orang-orang yang memiliki akun atau telah terdaftar dalam sistem.
  3. Host, yaitu member yang sudah tervalidasi dan telah mendaftarakan rumah atau apartemen yang dimilikinya untuk disewakan.
  4. Visitor, yaitu member yang menggunakan sistem untuk melakukan reservasi rumah atau apartemen member lainnya (Host).
  5. Administrator, yaitu seseorang yang bertugas untuk mengatur semua member dan melakukan validasi terhadap profil member.

Adapun user requirementnya akan dijelaskan dibawah ini:
  1. Member memasukkan kata kunci pencarian yang dapat berupa lokasi. Sistem akan menampilkan rumah atau apartemen yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.
  2. Sistem dapat menampilkan halaman detail rumah atau apartemen yang berisi deskripsi, status ketersediaan, fasilitas yang disediakan dan atribut-atribut lain dari rumah atau apartemen serta profil dari Host penginapan tersebut.
  3. Sistem dapat menampilkan profil dari member seperti deskripsi dan juga berisi atribut-atribut profil.
  4.  Visitor membuka halaman detail penginapan dan dapat melakukan reservasi untuk tanggal dan jumlah orang tertentu.
  5. Sistem dapat menampilkan reservasi yang masuk dan juga menyediakan tindakan yang dapat diambil oleh Host untuk reservasi tersebut.
  6. Sistem dapat menampilkan reservasi yang dilakukan oleh Visitor dan menyediakan pilihan tindakan yang dapat diambil oleh Visitor untuk reservasi yang telah dilakukan.
  7.  Host dan Visitor memberikan testimoni/review dan juga rating setelah melakukan reservasi. Sistem menampilkan review dan rating pada profil masing-masing Host dan Visitor.
  8. Member dapat melihat dan mengirim pesan ke member lainnya.
  9. Guest masuk ke halaman pendaftaran. Guest mengisi form pendaftaran pada halaman pendaftaran.
  10. Member yang sudah mendaftar dapat melakukan perubahan pada profilnya melalui menu edit profil.
  11.  Guest yang baru mendaftar melengkapi profilnya dengan alamat email, no. telepon dan juga mengunggah foto kartu identitas untuk disetujui oleh administrator.
  12. Administrator melakukan validasi terhadap profil yang telah mendaftar dengan mengecek dan mengonfirmasi email, nomor telepon serta foto/hasil scan dari kartu ID member.
  13. Administrator melakukan deaktivasi akun dari member yang terbukti melanggar hukum atau telah dilaporkan oleh member lain. Administrator juga dapat melakukan aktivasi kembali terhadap akun yang sudah non-aktif.
  14. Administrator dapat mengirimkan pemberitahuan atau hal lain melalui pesan kepada member.
  15. Host dapat mendaftarkan rumah atau apartemen yang dimilikinya. Setelah didaftarkan, Host dapat mengedit atau menghapus rumah atau apartemen tersebut.
  16. Setelah memiliki rumah atau apartemen yang terdaftar, Host dapat menambahkan dan mengelola paket sewa yang berisi penawaran kamar.

  • Functional Requirement
  1. Sistem dapat menampilkan pilihan rumah atau apartemen yang dapat disewa berdasarkan preferensi lokasi.
  2. Sistem dapat menampilkan detail dari rumah atau apartemen misalnya seperti fasilitas rumah, fasilitas dapur, jumlah kamar, kapasitas, status rumah atau apartemen (available, booked, atau not available), dan detail lainnya seperti profil dari host.
  3. Sistem dapat menampilkan profil member.
  4. Visitor dapat melakukan reservasi rumah atau apartemen yang telah didaftarkan oleh host.
  5. Sistem dapat menampilkan pemberitahuan kepada host apakah ada visitor yang ingin menginap di rumah atau apartemen yang sudah didaftarkan.
  6. Host ataupun visitor dapat melakukan pembatalan reservasi rumah atau apartemen dengan batas waktu tertentu sebelum waktu check-in.
  7. Sistem menyediakan kolom testimoni/review dan rating baik dari visitor ke host ataupun sebaliknya sebagai sarana membangun reputasi pada komunitas.
  8. Member dari sistem dapat mengirim dan menerima pesan satu sama lain.
  9. Sistem dapat mencatat/menyimpan data dari profil guest yang ingin mendaftar menjadi member.
  10. Administrator dapat melakukan validasi terhadap member. Member akan mendapatkan validasi apabila sudah melengkapi profilnya dengan foto, alamat email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi serta menggunggah foto dari salah satu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti KTP, SIM, atau Paspor.
  11. Administrator dapat melakukan persetujuan validasi terhadap member.
  12. Administrator dapat menonaktifkan pemberitahuan melalui pesan kepada member.
  13. Administrator dapat memberikan pemberitahuan pesan kepada member.
  14. Member yang sudah terverifikasi dapat menjadi host dengan mendaftarkan rumah atau apartemen yang dimilikinya kedalam sistem.

  • Non Functional Requirement
  1. Sistem dapat diakses 24 jam/7 hari.
  2. Sistem berbasis web dan dapat diaksses menggunakan browser firefox dan chrome.
  3. Sistem harus berhasil dalam menyimpan semua transaksi yang dilakukan pengguna.
  4. Sistem harus menampilakn informasi yang benar sesuai data yang dimasukkan pengguna.
  5. Antarmuka dari sistem menggunakan Responsive Web Design.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EAS RK A

 1. Deskripsi kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi pemesanan gedung acara Kebutuhan Fungsional ...